Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Kamis, 03 September 2015

Pengalaman Tes Kerja Astra Daihatsu Part 1

Selamat malam gezoners, tak terasa kita telah memasuki awal september.. yaaahhh berarti 19 hari sudah saya ‘resmi’ jadi pengangguran.. haha.. 19 hari yang lalu 2 personil dari Gezone, tepatnya tanggal 15 agustus 2015, Saya (Nena) dan Anis udah wisuda.. Yeeee... akhirnya satu episode kehidupan telah terlewati hehe.. Tapi disini saya ga akan posting soal wisuda dulu.. kalem yah.. tentang hal itu lain kali aja. Karena sekarang lagi rame-rame freshgraduate pada nyari kerja, ikutan jobfair sana-sini (saya doang sih sebenernya, anis udah langsung kerja, haha) Nah, makanya saya mau sedikit share pengalaman ‘ngelamar’ kerja.. sebelum nanti ‘dilamar’ orang. Wkwkwkwk maunya.

Oke, yang pertama saya share seputar ngelamar kerja di Astra Daihatsu Motor (ADM).. eng ing eng..  Dari jurusan informatika koq malah mau kerja di perusahaan motor yak >.< hehehe.. sebenernya seru-seruan ikut temen kampus aja sih, karena tanggal 21 Agustus kemarin ada Jobfair di Polban, dan salahsatu lowongan ADM bisa buat saya & temen-temen kampus,, akhirnya nyoba aja dulu :D
Awalnya, di stand ADM kita cuman tulisin data diri aja kayak nama, ipk, asal kampus, tahun lulus, alamat sama no hp. Disini ternyata ga perlu drop CV sama sekali, baguslah,, ga perlu buang-buang kertas dulu..  hehe
Nah udah itu, 2 hari kemudian.. HP langsung bunyi , ada sms masuk buat panggilan psikotes dari ADM.  Kalo pas daftar kita di kampus polban,, nah ini testnya malah di Poltekpos.. yaahh  deket juga sih sama polban. Oke, rangkaian test dari ADM memang yang pertama itu psikotest, dilanjutin FGD(Khusus buat S1), trus interview sama HRD, Interview sama User, Interview sama direksi(buat S1), MedCheck, Cek Berkas,daannn selesai. Fuuiihhh panjang yaa..
Test yang pertama,,, PSIKOTES
Saya sama temen saya ida,bimo,dan nisa.. kita kebagian Psikotes jam 1 siang.. wuiihhh lagi panas-panasnya harus ngerjain soal, puyeng dah >.< belum lagi kita dijelasin dulu di awal tentang apa itu ADM dari HRDnya.. panjaaaangg lebar, sampe ngantuk.. tapi pas penjelasan tentang gaji dan bonus di ADM yang lumayang besar, akhirnya mata melek lagi.. hehe
Test dimulai jam 2. Untuk test pertama, langsung dikasih test krapelin. Beuh.. udah liat kertas segede koran penuh angkaa.. pusing beut.. tugas kita sederhana, cuman nambahin 2 angka dari bawah ke atas dalam waktu tertentu, tapi yang ditulis cuman angka satuannya aja. kalo pas instrukturnya bilang “pindah” kita pindah ke kolom selanjutnya. Ini nih gambarannya


 
Untuk bisa di test ini, coba latihan dulu aja sebelumnya,, biar terbiasa dan jumlahinnya lebih cepet. Nanti kita posting buat tips ngerjain psikotes ini :D
Oke, test selanjutnya logika matematika..  misal gini
1.  a > b : b>c : a>c       B    S   ?
Kita tinggal pilih, jawabannya benar, salah, atau tidak tentu. Kalo saya sih ya ga pake banyak mikir di test ini, karena waktunya juga cuman 6 menitan. Liat aja panah nya.. kalo semua ke kanan >>> berarti bener. Semua kekiri <<< berarti juga bener.. haha..
Lalu, soal berikutnya soal menarik kesimpulan dari beberapa kalimat, gini contohnya
a. pak tono merokok
b. pak tono dan teman teman-temanya merokok
c. pilot tidak ada yang merokok
1. Teman pak tono adalah pilot.  B  | S
Nahh.. ada beberapa kalimat yang kita disuruh pilih, itu bener apa salah sesuai dengan kalimat-kalimat di soal.
Udah itu ada soal psikotes dalam satu buku. Banyaakk banget, ada yang disuruh nerusin pola, atau pilih gambar yang sesuai dengan soal, pilih 2 gambar yang berbeda dari gambar-gambar yang ada, dan banyaakkk lagi,, agak lupa juga.. tapi 1 buku gitu.
Nah, selanjutnya Wartegg test, ada gambar titik, lengkung, garis yang harus kita gambarin sesuai kreatifitas kita. Yaahhh kalo saya sih gambar lengkung buat gambar mahluk hidup, gambar garis buat benda.. hehe Terus kita kasih nama gambarnya, dipilih mana yang paling disukai, paling ngga disukai, paling gampang, dan paling susah buatnya.

Setelah semua rangkaian test yang panjang itu, test terakhir adalah gambar orang dan pohon. Yaa buat pohon saya gambar pohon mangga, sedang buat orang.. saya gambar *ceritanya diri saya sendiri.. nanti soalnya harus ditulis nama, umur, pekerjaan, 3 kelebihan dan kekurangan dia. Karena waktu mepet, mikirnya gambar diri sendiri aja.. hehe asalkan tubuhnya yang proposional, ga besar kepalanya kek upin ipin :D

Selesai... 3 jam berlalu mengerjakan soal psikotes ini. Untuk Hasilnya diumumkan hari berikutnya.
Ternyata perlu perjuangan panjang ya buat kerja enak plus gaji gede.. hehe tapi yakin sih, segalanya itu SUKSES kalo ada DUIT alias Do’a, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal. Ga ada hasil yang mengkhianati usahanya... jadi, ya nikmati setiap proses yang ada, termasuk seru-seruan nyari kerja kayak gini.
Jadi inget sebuah hadits :
Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal. 
Nah.. selama yang kita cari halal, dan dengan cara yang halal pula,, maka InsyaAllah, Dia akan memudahkan.. ^_^ Oke.. untuk selanjutnya siapa aja yang lolos ke tahap berikutnya, tunggu postingan selanjutnya yak..



Comments :

4 komentar to “Pengalaman Tes Kerja Astra Daihatsu Part 1”

ada lg kah ceritanya ? hehe

eko afif mengatakan...
on 

Ok

Jimy Kurniardi mengatakan...
on 

Siip

Imam Choiri mengatakan...
on 

menyukai blog anda?

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar