Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Jumat, 24 Oktober 2014

HIjrah, Saatnya Berubah!

Tak terasa kaum muslim kembali memasuki bulan Muharram, yang menandai datangnya tahun baru 1436 H. Tahun demi tahun berlalu, namun belum ada perubahan pada kaum muslim di dunia ini, khususnya Indonesia. Umat Islam saat ini masih dalam kondisi lemah dan ada dalam eksploitasi negara-negara penjajah, persoalan kemiskinan, kebodohan, pemurtadan, aliran sesat, penghinaan terhadap Al-Qur’an dan dan berbagai persoalan lain pun masih membelenggu nasib umat Islam.

Kondisi  yang sama dialami rakyat Indonesia, angka kemiskinan masih sangat tinggi, yang mencapai 29,13 juta orang, pengangguran meningkat, anak putus sekolah semakin tinggi, gizi buruk, serta beban berat yang melilit rakyat akibat kebijakan pemerintah yang kapitalistik seperti kenaikan BBM dan TDL, serta berbagai persoalan lainnya.
Kondisi terpuruk dalam segenap aspek ini membuat kita seperti kembali memasuki masa jahiliyah yang pernah dialami Rasulullah Saw. Akidah umat Islam saat ini banyak dikotori dengan kemusyrikan seperti masa jahiliyah dahulu. Berhalanya bukan lagi dalam bentuk patung tapi dalam bentuk uang atau jabatan yang menjadi tuhan-tuhan baru yang disembah. Hukum Allah pun dicampakkan, manusia menjadikan hawa nafsu manusia yang kemudian dipopulerkan dengan kedaulatan rakyat (demokrasi) menjadi sumber hukum. Sekulerisme, liberalisme, pluralisme, HAM pun menjadi standar baik dan buruk, bukan lagi bersumber pada al-Quran dan Sunah.
Dalam konteks ini, esensi hijrah menjadi sangat relevan kita renungkan. Sebab, tahun Hijriyah, dalam sejarahnya, bertitik tolak dari peristiwa Hijrah Nabi Muhammad Saw. dari Makkah ke Madinah. Secara bahasa, hijrah berarti berpindah tempat. Adapun secara syar‘i, para fukaha mendefinisikan hijrah sebagai: keluar dari darul kufur menuju Darul Islam. (An-Nabhani, Asy-Syakhsiyyah al-Islâmiyyah, II/276). Karena itu, pesan penting terkuat dari tahun baru Hijriyah ini adalah kesediaan umat Islam untuk hijrah dari sistem jahiliyah menuju sistem Islam. Hal ini hanya bisa dilakukan jika umat Islam bersama-sama memperjuangkan Khilafah Islam untuk menegakkan Islam secara kaffah. Wallahu’alam.

Comments :

0 komentar to “HIjrah, Saatnya Berubah!”


Posting Komentar