Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Senin, 30 Mei 2016

Hari ini, Mars dan Bumi Berdekatan

Peristiwa yang langka nan menarik, terlihat di langit timur malam ini, karena Mars dan Bumi Berdekatan. (Planet-planet aja berdekatan... kita kapan? huhu baper)
Planet yang dijuluki sebagai planet merah ini, berjarak 75,3 kilometer. Padahal, jarak terjauhnya bisa mencapai 401 juta kilometer. Wahhh hampir seperenam dari biasanya.
Tapi sayangnya, bertentangan dengan hoax yang merebak, yang menyatakan bahwa mars akan sebesar bulan. Nyatanya,  jika dilihat dari mata telanjang, ternyata MARS hanya terlihat seperti bintang yang terang dan tak berkelap-kelip.


Akhir Mei ini, Bumi memang mulai "menyalip" Mars dalam revolusinya terhadap Matahari, sehingga Bumi berada diantara Matahari dan Mars dalam bidang Tata Surya. Jadilah, dua planet ini akan berada di titik terdekat mereka satu sama lain dalam orbitnya. Peristiwa inilah yang disebut oposisi, ketika Mars, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.
Mungkin tak hanya untuk pengamatan, ada manfaat yang bisa di dapat ketika Mars lebih dekat, yakni perjalanan ruang angkasa ke Mars akan lebih dekat, jadi lebih cepat dan hemat. :D

Inilah salah satu keajaiban yang bisa dinikmati malam ini, melihat mars dari jarak dekat, yang mungkin bisa lebih dekat lagi pada tahun 2018 mendatang. Oh ya, selain Mars, jangan lupa untuk mencari planet gas raksasa terbesar di Tata Surya, Jupiter yang juga tampak disepanjang bulan ini.

Comments :

0 komentar to “Hari ini, Mars dan Bumi Berdekatan ”


Posting Komentar