Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Jumat, 28 Mei 2010

Mengenal Bilangan Biner

Sebagai suatu sistem bilangan, bilangan biner memiliki komponen bilangan yang hanya terdiri dari dua bilangan yaitu 0 dan 1. Walaupun hanya memiliki dua buah bilangan, namun tidak membatasinya dalam melakukan berbagai operasi bilangan sebagaimana pada bilangan desimal (basis 10). Hanya saja susunannya tidak mengenal angka 2 sampai 9. Susunan bilangan biner hanya melibatkan angkan 0 dan 1. Sehingga jika dilakukan perhitungan urutannya adalah: 0, 1, 10, 11, 100, 101, 110, 111, dan seterusnya.
Jika dalam bilangan desimal dikenal dengan bilangan puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya, maka dalam bilangan biner tidak dikenal istilah tersebut. Yang ada dalam bilangan biner adalah kilo, mega, giga, tera dan seterusnya.

Istilah kilo hampir sama dengan 1000 dalam bilangan biner. Hanya saja ada perbedaan jumlahnya. Karena 1 kilo dalam bilangan biner tidak sama atau tepat 1000, tapi 1024. Perbedaan ini karena untuk mengambil nilai satu kilo dalam bilangan biner caranya dengan memberikan pangkat 10 dari angka 2 (bilangan biner adalah bilangan basis 2).
Selain itu juga dalam bilangan biner dikenal adanya lebar atau jumlah digit bilangan biner. Jumlah digit ini menentukan kapasitas maksimal atau besarnya bilangan yang bisa dihitung dalam bilangan biner. Misalnya saja, jika bilangan biner dengan jumlah digit 2 buah, maka bilangan maksimalnya adalah 11 (bilangan yang bisa masuk adalah: 00, 01, 10, 11). Untuk menentukan jumlah atau kapasitas maksimal bilangan biner dengan jumlah digit tertentu, bisa dilakukan dengan menggunakan perhitungan 2 pangkat jumlah digit.
Jumlah digit ini sangat berperan dalam bidang pengembangan teknologi komputasi menggunakan mesin komputasi. Untuk memahami mesin komputasi diperlukan pemahaman bilangan biner.

Comments :

0 komentar to “Mengenal Bilangan Biner”


Posting Komentar