Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Jumat, 28 Mei 2010

Bilangan Biner

    Bilangan biner atau disebut juga dengan bilangan basis dua hanya memiliki dua buah bilangan yaitu 0 dan 1. Sebagaimana bilangan lainnya (bilangan dengan basis lainnya: basis 8 (oktaf), basis (desimal) dan basis 16 (haksadesimal), pada bilangan biner bisa dilakukan operasi perhitungan seperti tambah, kurang, kali dan bagi. Bedanya adalah susunan bilangannya karena hanya memiliki dua buah bilangan, dalam bilangan biner tidak dikenal angka 2, 3, dan seterusnya. Yang ada dalam bilangan biner adalah 0, 1, 10, 11, 100, dst. Jadi walaupun hanya memiliki dua buah bilangan, tidak membatasinya untuk memiliki  sejumlah bilangan atau hitungan yang besar.

Keistimewaan bilangan biner adalah selain bisa dilakukan operasi aritmatika (tambah, kurang, kali dan bagi), juga bisa dilakukan operasi logika. Operasi logika adalah operasi yang menggunakan logika berpasangan atau berlawanan. Jawaban dari operasi logika adalah diambil dari bilangan biner itu sendiri, yaitu 0 atau 1. Tidak ada jawaban lain selain 0 dan 1 dalam operasi logika ini. Operasi-operasi logika yang biasa digunakan adalah OR, AND, NAND, NOR, dan XOR.
Dalam hal tertentu, bilangan biner ini bisa diwakili oleh kenyataan atau keadaan ADA dan TIDAK ADA; bisa juga diwakili  dengan YA atau TIDAK.
0 TIDAK ADA TIDAK
1 ADA YA
Jika kita melihat lagi bahwa seluruh penciptaan makhluk itu berpasang-pasangan. maka hal ini sangat menarik untuk dicermati. Seberapa besar konsep keberpasangan ini telah mengubah tata kehidupan manusia saat ini. Ternyata ada sesuatu nilai manfaat dari diciptakannya keberpasangan ini.
“Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu menyadari (kebesaran Allah).” (Q.S. Adz-Dzariyat (51): 49)
Salah satu manfaat yang cukup besar yang mengubah kehidupan manusia yang pada dasarnya menggunakan konsep keberpasangan ini adalah teknologi informasi dan komunikasi.
ciburuan.wordpress.com

Comments :

0 komentar to “Bilangan Biner”


Posting Komentar