Berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Akhir Sekolah 2011- 2012 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk wilayah kabupaten Bandung. Untuk kisi-kisi UN nanti menyusul ya...
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMK
NO
1
|
KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
|
Gagasan pokok
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan pokok paragraf tersebut.
| | |
Simpulan
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut.
| | ||
Makna istilah
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam paragraf tersebut.
| | ||
Kalimat penjelas
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang sumbang.
| | ||
Isi paragraf
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut.
| | ||
Jenis laporan
|
Disajikan penggalan laporan, siswa dapat menentukan jenis laporan yang sesuai dengan penggalan laporan tersebut.
| | ||
Petunjuk kerja
|
Disajikan petunjuk kerja, siswa dapat menentukan isi yang sesuai dengan petunjuk kerja tersebut.
| | ||
Biografi
|
Disajikan penggalan biografi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan biografi tersebut.
| | ||
Grafik
|
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan grafik tersebut.
| | ||
Matriks
|
Disajikan matriks, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan matriks tersebut.
| | ||
Tanggapan logis
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan tanggapan logis yang sesuai isi paragraf tersebut.
| | ||
Kata baku/tidak baku
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kata tidak baku yang terdapat dalam paragraf tersebut
| | ||
Kata bersinonim
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata bersinonim.
| | ||
Kata berkonotasi
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata berkonotasi positif dalam paragraf tersebut.
| | ||
Perubahan makna kata
|
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kata yang mengalami perubahan makna sinestesia.
| | ||
Kalimat tanya
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut.
| | ||
Kalimat tanya retorik
|
Disajikan dialog, siswa dapat menentukan kalimat tanya retorik yang terdapat dalam dialog tersebut.
| | ||
Opini/fakta
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat fakta dalam paragraf tersebut.
| | ||
Ungkapan
|
Disajikan paragraf yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam paragraf tersebut.
| | ||
Peribahasa
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
| | ||
Tema puisi
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut.
| | ||
Majas dalam puisi
|
Disajikan penggalan puisi, siswa dapat menentukan majas yang terdapat dalam puisi tersebut.
| | ||
Amanat novel
|
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan amanat penggalan novel tersebut.
| | ||
Latar novel
|
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan latar penggalan novel tersebut.
| | ||
Tahapan alur
|
Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan tahapan alur penggalan novel tersebut.
| | ||
Unsur ekstrinsik
cerita
|
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen tersebut.
| | ||
Inti penggalan drama
|
Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan inti penggalan drama tersebut.
| | ||
Perwatakan tokoh
|
Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan watak tokoh dalam drama tersebut.
| | ||
2
|
Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat: membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
|
Penulisan kata
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kata yang penulisannya tidak sesuai dengan EYD.
| |
Diksi (pilihan kata)
|
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat menentukan kata yang sesuai dengan kalimat tersebut.
| | ||
Pikiran penjelas/kalimat penjelas (melengkapi paragraf)
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat penjelas yang tepat.
| | ||
Kalimat efektif/
tidak efektif
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif dalam paragraf tersebut.
| | ||
Hubungan
perbandingan
Hubungan
perbandingan
|
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan.
| | ||
Susunan kalimat dalam paragraf
(deduktif/induktif)
|
Disajikan kalimat-kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan kalimat tersebut menjadi paragraf deduktif.
| | ||
Tujuan proposal
|
Disajikan latar belakang proposal, siswa dapat menentukan tujuan sesuai latar belakang tersebut.
| | ||
Jenis kegiatan
proposal
|
Disajikan jenis kegiatan proposal, siswa dapat menentukan jenis kegiatan yang tidak sesuai dengan proposal tersebut.
| | ||
Sistematika penulisan proposal
|
Disajikan sistematika penulisan proposal yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan dengan tepat.
| | ||
Penulisan bagian-bagian surat (alamat surat)
|
Siswa dapat menentukan penulisan alamat surat yang tepat.
| | ||
Lampiran surat
|
Disajikan lampiran surat, siswa dapat menentukan lampiran yang tidak sesuai dengan lampiran surat lamaran pekerjaan.
Disajikan lampiran surat, siswa dapat menentukan lampiran yang tidak sesuai dengan lampiran surat lamaran pekerjaan.
| | ||
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan
|
Disajikan penggalan pengumuman lowongan pekerjaan, siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan pengumuman tersebut.
| | ||
Kalimat penutup surat
|
Disajikan penggalan surat, siswa dapat menentukan kalimat penutup yang sesuai dengan surat tersebut.
| | ||
Kalimat balasan lamaran pekerjaan
|
Disajikan penggalan surat balasan lamaran pekerjaan yang kurang santun, siswa dapat menentukan perbaikan yang santun.
| | ||
Kalimat memo
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat memo yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
| | ||
Isi surat keluarga
|
Disajikan penggalan surat keluarga, siswa dapat menentukan isi penggalan surat keluarga tersebut.
| | ||
Bagian surat kuasa
|
Disajikan penggalan surat kuasa, siswa dapat melengkapi surat kuasa tersebut dengan tepat.
| | ||
Kalimat pengumuman
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
| | ||
Penulisan catatan kaki
|
Disajikan data publikasi, siswa dapat menentukan penulisan catatan kaki sesuai data tersebut.
| | ||
Catatan hasil rapat
|
Disajikan penggalan catatan hasil rapat, siswa dapat menentukan kalimat saran yang terdapat dalam catatan tersebut.
| | ||
Isi kata pengantar laporan
|
Disajikan penggalan kata pengantar, siswa dapat menentukan isi kata pengantar tersebut.
| | ||
Kalimat peoster
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat poster sesuai ilustrasi tersebut.
| |
Comments :
0 komentar to “Kisi-Kisi US 2012”
Posting Komentar