Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Kamis, 29 Maret 2012

Instalasi Windows XP

        TUJUAN
1.      Siswa dapat Mengetahui lebih mendalam tentang Sistem Operasi windows.
2.      Siswa dapat membagi partisi hardisk dengan CD Windows XP.
3.      Siswa dapat Mengetahui cara penginstalan windows xp serta konfigurasinya.

ALAT – ALAT DAN BAHAN
1.      Personal Computer ( PC)
2.      CD Installer Window XP


LANDASAN TEORI
Saat ini, windows XP lebih banyak di pakai dari  OS yang lainnya. Selain karena mudah memakainya, cara Instalasi nya pun tak begitu rumit. Proses booting bisa dilakukan langsung dari CD Instalernya. Tak seperti Windows ME yang harus membooting dari CD yang berbeda dari CD Instalernya.
Beberapa hal yang harus di perhatikan ketika hendak mengisntal adalah data yang ada dalam PC tersebut. Sebelum kita menginstal, hendaknya memindahkan data-data yang ada di my document / drive C pada drive lain, misalkan semua data di drive C dipindahkan ke drive D. Atau jika kita akan mempartisi hardisknya, kita bisa memindahkan data-datanya ke CD / DVD agar lebih aman.


LANGKAH KERJA
1.      Masukan CD XP kedalam CDROM
2.      Rubah seetingan bios agar proses booting pertama berjalan dari CD ( lihat Laporan 1) Setelah itu tunggu komputer restart.
3.      tunggu beberapa saat akan muncul dilayar hitam tulisan ”press any key to boot from CD” ketika muncul pesan seperti ini tekan sembarang tombol untuk memulai intall ulang CD XP.
4.      Setelah itu akan muncul layar bewarna biru ”setup windows XP Propesional”, Windows Setup akan memuat file-file instalasi termasuk driver komponen. tunggu sampai muncul tampilan berikut :

5.      Tekan ENTER untuk memilih menu continue, maka akan muncul “windows XP lisensing agreement”, disini tekan F8 untuk menyetujui.
6.      Muncul tampilan pilihan akan repair atau tidak. Pilih ESC, karna tidak akan melakukan perbaikan(repair), Setela itu akan muncul menu partisi.
7.      Pilih partisi C:, tekan D untuk mendelete partisi C; kemudian muncul tampilan menu baru, pada tampilan ini tekan enter setelah itu muncul lagi pilihan dari komputer untuk melanjutkan penghapusan partisi atau tidak. Tekan L  untuk menghapus. ( Jika ada  beberapa  partisi ulangi langkah diatas hingga semua partisi terhapus ) lihat gambar :


8.      Langkah selanjutnya adalah membuat partisi hardisk. Untuk membuat partisi, tekan C pada tulisan Unpartiton Space. Kemudian Akan muncul tampilan untuk menentukan besarnya partisi yang akan di buat, ketik angka dalam kolom size (MB). jika sudah tekan enter. Ulangi beberapa kali jika kita ingin membuat 2 atau tiga partisi. Misalkan Saya akan membuat 3 partisi dengan besar hardisk 40 GB, Maka saya buat partisi C: 13 Gb,  D:13 Gb, dan E: 13 Gb.








9.      Setelah partisi terbentuk tekan enter pada partisi yang akan di instal windows XP. Misalnya pada partisi C.
10.  Akan muncul type-type Format hard disk, pilih format NTFS dan tekan ENTER
11.  Muncul tampilan proses pemformatan hard disk. Setelah memformat ini selesai akan langsung diikuti oleh proses pengkopian file-file dari CD ke C. tunggu hingga selesai.
12.  Jika proses pengkopian selesai, computer akan merestar secara otomatis dan akan melanjutkan proses penginstalan selanjutnya. Setelah proses restart ini, mouse sudah dapat kita gunakan.
13.  Disini kita hanya akan banyak menunggu, perintah selanjutnya. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan “Regional and Language Options”  Tentukan wilayah dan zona waktu, jika sudah tekan next.



14.  Selanjutnya muncul “personalize your software” , isikan nama komputer yang kita sukai dan isikan organizationnya, mislakan nena –  tkj1. setelah itu klik “next”.
15.  Masukan Licence produk key dalam kotak yang tersedia. Setelah itu next lagi.
16.  Muncul “computer name and administrator password” isikan nama computer name sesuai dengan yang kita inginkan. Setelah itu klik next.
17.  Muncul “date and time setting” yang perlu diubah disini adalah TIME ZONE, ubah ke zone “Bangkok, hanoy,jakarta”, waktu dan tanggal diatur bila tidak sesuai dengan waktu sebenarnya (tudak akur), klik “next” computer akan melanjutkan penginstalan secara otomatis, dan tunggu sampai perintah selanjutnya muncul.
18.  Muncul “networking setting” pilih “typical setting”, klik “next
19.  Muncul “workgroup and computer domain”, otomatis terisi workgroup, langsung saja klik ”next”, computer akan melanjutkan proses instalisasi. Hingga computer otomatis merestart ulang lagi dan mulai masuk windows lagi.
20.  selanjutnya akan muncul jendela “display settings”, klik “OK”  diikuti dengan jendela “monitor settings” ,klik “OK”
21.  Masuk ke “ to Microsoft windows”, Klik “Next” disudut kanan bawah, muncul jendela “help protect your PC”, klik “not right now”, lalu klik “Next”
22.  muncul “how will this computer connect to the internet?”, klik “skip”, diikuti dengan “Ready to register with microsoft ”,klik “no, not at this time”lalu  klik “next”
23.  Setelah itu kita masuk ke menu registrasi. Isikan nama user, kemudian klik Next
24.  Terakhir, akan ada ucapan Thank You! Kita klik saja tulisan finish yang ada di kanan bawah, dan SELESAI.

Comments :

0 komentar to “Instalasi Windows XP”


Posting Komentar