Blog ini adalah blog kenangan dari kelasku, GEZONE..
Blog untuk berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi banyak hal untuk kita semua ^_^
Love U.... ~~~ Nena ~~~

Kamis, 19 April 2012

Cenat Cenut Ujian Nasional


Segala puji kehadirat Illahi Rabbi yang telah memberikan kenikmatan dan anugrah-Nya kepada kita semua berupa kebahagiaan yang tak mampu terhitung oleh kita mahluk yang terbatas. Shalawat dan salam pun tercurah kepada junjungan alam Habibana wa Nabiyana Rasulullah saw.
Salam ukhuwah untuk semua pembaca dimana pun berada.
Waaahhh gak kerasa waktu berlalu begitu cepat.. Ujian Nasional udah di depan mata, buat temen-temen yang duduk di kelas XII, hatinya mungkin lagi  dag dig dug bin cenat cenut,  strez pula dengan berbagai tugas dan ujian yang ada, dimulai dengan Ujikom, Tugas Akhir, UAS Teori n Praktek, dan terakhir UN alias Ujian Nasional.
UN emang setiap taun dilaksanakan sebagai salah satu syarat kelulusan sekolah, gambarannya pun seolah menyeramkan, mulai dari gambaran pelaksanaan hingga hasil dan konsekuensinya, katanya seremnya itu bak pocong or jenglot yang lagi gentayangan,, (waduh2 emang pernah liat ya?)
Oh ya, di edisi sebelumnya IPMI udah minta pendapatnya dari temen-temen tentang perasaan mereka klu mau ulangan or ujian trutama ujian nasional, ternyata banyak banget yang antusias ngjawabnya, terutama anak2 kelas XM2 dan XT2. Tapi maaf banget nih,, kayaknya untuk edisi kali ini gak akan di publish dulu nama2nya disini, soalnya banyak banget yang kirim sms, sampai-sampai inbox di hp penuh, ckckck.. Yang jelas perasaan mereka ketika mau Ulangan/ Ujian ada yang ’ngadegdeg’, sakit perut, ga puguh hati, ada yang nyantai karena ngandelin contekan, ada juga yang bilang ’gimana nanti aj’ (lho, bukannya harus mikir nanti gimana ya??), tapi diantara mereka juga ada yang bilang klu ’saya selalu siap krn udah belajar, apalagi pelajaran yang saya sukai’ waaahh hebat lah,, acungin 4 jempol (sama jempol kaki. He2)

Takut UN???

Terus terang aja, yang namanya ujian atau ulangan emang bikin kita deg-degan. Apalagi ujian nasional yang nentuin kita lulus atau nggak. Banyak temen pelajar yang tegang bahkan takut menghadapi ujian nasional. Apalagi dengan standar kelulusan yang terus dinaikin setiap tahunnya. Lha wong dengan standar rendah seperti beberapa tahun silam aja yang nggak lulu juga banyak, apalagi kalo dinaikkin.
Cerita takut nggak lulus nggak hanya dialami pelajar yang prestasi belajarnya biasa-biasa aja, apalagi yang kemampuan otaknya cekak. Tapi mereka yang berprestasi juga ikutan tegang, lho! Nggak ada jaminan kalo rapor dan ulangan harian yahud maka bakal lolos dari hadangan ujian nasional. Beberapa tahun silam, ada pelajar berprestasi di sebuah SMA di Jakarta, selalu masuk peringkat 3 besar, dapat jatah PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan) hanya bisa termangu, tidak lulus UN karena nilai matematikanya  yang rendah banget. Hiks hiks..
Lebih parah lagi ada seorang pelajar yang sampe nekat bunuh diri gara-gara tidak lulus. Sebelumnya ia ingin mengikuti ujian Paket C tapi orangtuanya nggak sanggup, karena tidak punya biaya. Sang pelajar akhirnya putus asa dan nekat mengakhiri hidupnya karena malu tidak lulus sekolah. Astagfirulloh..


Perbaiki Keadaan

Sobat, bagaimanapun juga ujian emang kudu ada. Pelajar harus menempuh ujian untuk mengetahui hasil belajar mereka; apakah bener-bener serius atau jangan-jangan cuma numpang ngisi absen lalu selebihnya jajan, maen, dan ngeceng. Ujian pun harus menyeluruh dan lengkap. Nggak cuma segelintir mata pelajaran yang diujikan, karena itu nggak mewakili seluruh mata pelajaran yang diajarkan selama bertahun-tahun.
          Yang paling penting, tujuan dari pendidikan itu harusnya menciptakan pelajar yang berkepribadian islami. Yakni insan yang cara berpikirnya Islam dan bersikapnya pun islami. Artinya pelajar tuh kudu jadi insan yang baik luar-dalam; be smart and be a good student.  Tap sayang, sekarang mah kebanyakan sekolah cuman mencetak pelajar yang pinter aja, ukurannya indeks prestasi, peringkat di kelas, dan nilai ujian nasional. Sementara itu akhlaknya dan ibadahnya belum tergarap. Hmm.. Kudu diperhatiin tuh..! Banyak lho

pelajar SMK yang belum lancar baca al-Quran (Semoga bukan di SMKN 1 Katapang), belum lagi yang suka pacaran, nge-dugem, ataupun tawuran.
Nah, karena sekolah selalu nyuruh ngejar nilai, maka orang suka ngambil jalan pintas; berbuat curang. Di antaranya ya bikin contekan di kertas kecil atau ngebocorin soal ujian dan kunci jawabannya. Ampun!
Inget lho, yang Alloh nilai itu bukan hasil UNnya, tapi gimana cara kita ngedapetin nilai terebut, dengan cara yang Alloh Ridhoi atau nggak. Gitu sob!

Tips Sukses UN

Pertama, kuatkan niat dan tekad. Yakinkan dirimu bahwa tujuan kamu bersekolah adalah menjadi insan cendekia yang bertakwa. Bahwa kamu kudu jadi muslim yang cerdas dan berguna. Sabda Nabi saw.: “Manusia yang paling utama adalah orang beriman lagi berilmu yang jika dibutuhkan bisa membantu dan jika ditinggalkan sendiri ia bisa mengurus dirinya sendiri.”
Jadi juara atau lulus UN dengan nilai tertinggi emang asyik. Tapi kalo untuk kepuasan sendiri, bukan untuk kebanggaan umat Islam itu namanya egois. So, berjuang lulus UN itu adalah untuk kebaikan kaum muslimin.
Kedua, kerja keras. Pokoke gebet abis semua materi ujian. Klu emang kamu gak sanggup les, coba buka2 lagi buku kelas 1,2, n 3. lengkapi belajarmu dengan latihan2 soal UN beberapa waktu kebelakang. Di toko-toko buku banyak lho dijual bank soal UN. Kamu bisa beli atau pinjam ke kakak kelas untuk dipakai berlatih. Tapi kalo minjem jangan lupa balikin lagi setelah ujian. Jangan disimpen mulu..
Ketiga, atur waktu dan jaga kesehatan. Jangan karena belajar keras kamu jadi lupa kontrol kesehatan dan ngatur waktu. Istirahat juga perlu, demikian pula asupan makanan bergizi. Banyak remaja yang kelewat ngotot belajar eh pas ujian ambruk; sakit. Nggak boleh gitu juga kan?!
Keempat, minta restu orangtua. Yup, dukungan orang tua perlu banget. Minta mereka mendoakan kamu agar lulus dan jadi pelajar yang oke.
Kelima, banyak mendekatkan diri kepada Allah. Bagusnya sih nggak cuma pas waktu mau UN doang. Setiap saat perbanyak ibadah dan berdoa kepadaNya. Sabda Nabi saw.:“Mintalah kepada Allah dari anugerahNya, sesungguhnya Allah senang untuk diminta.” (HR Tirmidzi)
Jangan lupa jauhi perbuatan haram dan kemaksiatan. Karena perbuatan itu bisa membuat Allah Swt. tidak ridlo, dan Dia bisa saja menggagalkan segala usahamu. So, selamat ujian! n_n 

Comments :

0 komentar to “Cenat Cenut Ujian Nasional”


Posting Komentar